Membuat Cover Dokumen


Cover dokumen untuk sebuah dokumen karya ilmiah, pengajuan, proposal, laporan dalam hal dukomen resmi, yang baik bukan cover yang tampilannya menarik dengan penuh seni.seperti border yang bervariasi bunga, bola dsb. Yang biasa di di terpkan adalah simple smart, sederhana tapi berisi.
berikut pengaturan yang sering dipakai

*Margin
atas : 3 cm, bawah : 3 cm, kanan : 3 cm dan kiri : 4 cm (kiri lebih lebar di karenakan untuk memberi ruang jilid pada kertas) jika dikasih border gunakan border yang simple (garis bisa dengan variasi garis) dan jangan terlalu mepet dengan tulisan baik judul, keterangan atau nama penyusun, atau nama lembaga.

* Judul
font jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil biasanya fontsize-nya 14px - 20px

*Keterangan buku (jika ada)
Tulisan harus lebih kecil dari judul, dan paragraph rata kiri yang yang di increase indent (di majukan sparti halnya alenia) ke tengah halaman

*Logo/gambar cover
logo pastinya di tengah halaman dengan ukuran jangan terlalu besar. sebaiknya anda gunakan gambar yang menunjukan tenang isi dokumen kalau gak yaaa clip art yang sesuai dokumen, atau dengan logo yang terkait. kalau gak da semuanya yaaa kasih garis tegak 3 tepat di tengah.

*Nama penyusun (harus ada)
gunakan fomt yang sama besar dengan keterangan judul,misalkan keterangan pake 14 px, nama penyusunletakan di bawah logo yaitu setengah halaman bagian bawah

*Nama lembaga/ instansi (misalkan nama sekolah/universitas/perusahaan yang memberi tugas, untuk karya ilmiah)
untuk gunakan huruf besar/ Kapital, dengan ukuran font yang sebesar judul atau leebih kecil, tapi harus lebih besar dari ukuran font nama penyusun.

ini sering berlaku menurut pengalaman saya ketika bekerja menjadi operator computer di sebuah took jasa pengetikan, disitu sering sekali karya tulis, skripsi, maupun proposal dokumen instansi. meneyuruhku membuat cover yang sedemikian aku jelaskan tadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda akan saya terima dengan senyum, salam damai